Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi

Advertisement
Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi - Apa dan bagaimana sebenarnya plak gigi atau karang gigi dapat terbentuk? Proses menempelnya plak gigi pada bagian gigi diketahui  akibat berbagai faktor konsumsi makanan  seperti minuman ringan, susu, kue, dan sisa dari makanan tersebut  yang tertinggal pada sela gigi termasuk bakteri yang ikut menempel. Sehingga bakteri berkembang pada sisa-sisa makanan yang menempel tersebut dan mengeluarkan asal yang dalam jangka watu tertentu enamel gigi bisa mengalami kerusakan yang mengakibatkan gigi berlubang.Plak gigi tersebut jika dilihat, seperti lapisan licin yang cukup tipis dan memiliki warna kuning atau bisa juga putih, dan biasanya plak gigi menempel pada bagian sela-sela gigi dan bagian batas gusi pada bagian gigi.

Resiko bila karang gigi atau plak pada gigi tidak di bersihkan gigi bisa mengalami kerusakan, tak hanya bagian gigi luar saja, tetapi bagian-bagian pendukung gigi dan juga gusi bisa rusak parah. Jadi kebersihan gigi dan mulut menjadi hal penting dalam kasus plak gigi ini,Nah maka dari itu anda wajib setiap hari merwat dan memelihara daripada gigi dan mulut anda.

Lalu bagaimana Cara Membersihkan Karang Gigi dan Plak gigi,cara menghilangkan karang gigi yang membandel,cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah,atau cara menghilangkan karang gigi secara alami ini,mari kita simak beberapa tips dari kita mengenai Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi berikut di bawah ini :

Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi
Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi
1. Menyikat Gigi
Salahsatu cara yang efektif untuk menghilangkan plak pada gigi yaitu dengan cara rutin menyyikat gigi minimal dua kali dalam sehari yaitu pada pagi hari dan malam. Dengan menyikat gigi dua kali dalam sehari gigi bisa lebih bersih dan dalapat mencegah terbentuknya plak.
Selain itu dengan rutin menggosok gigi setiap plak yang bisa terbentuk bisa terbersihkan. Menyikat gigi juga disarakan menggunakan sikat yang memiliki bulu yang lembut dan menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride  dan dilakukan sekitar dua meniat. Penggunaaan flouride berfungsi untuk membuat gigi terlindung karena enamel akan terikat dan permukaan akan menjadi lebih keras. Dan pastikan juga untuk menyikat gigi dan bagian mulut lainnya dengan benar.

2. Benang Gigi
Selain menyikat gigi, benang gigi juga bisa sangat bermanfaat yakni untuk menghilangkan bakteri dan juga sisia makanan, setidaknya benang gigi bisa digunakan sekali dalam sehari.

3. Gunakan Mouth Rinse (Obat Kumur)
Menggunakan obat kumur juga bisa mencegah terjadinya penumpukan plak. Penggunakan obat kumur ini bisa melengkapi penggunaan benang gigi dan menyikat gigi. Obat kumur bisa digunakan selama 30 detik sebagai pembersih mulut.

4. Hindari Makanan Manis
Makanan dan minuman yang memiliki rasa yang manis sebaiknya dihindari, seperti permen, cokelat, kismis atau minuman soda.

Yang pasti gosok gigi secara rutin pada saat sebelum tidur dan bangun tidur akan meminimalais terjadinya karang gigi.Meski menjadi plak dan kerak di gigi dan sangat susah dihilangkan, namun tetap ada cara menghilangkan karang gigi secara alami, mari kita simak berikut ini :

1.Menggunakan Kulit Jeruk
Cara menghilangkan karang gigi bisa juga dengan menggunakan kulit jeruk, yakni dengan menggosokkan kulit jeruk pada karang gigi secara berulang-ulang. Lakukan secara rutin agar mendapat hasil maksimal. Vitamin C yang terkandung pada jeruk sangat bagus bagi gigi anda.

2.Mengkonsumsi Apel
Apel sangat baik untuk kesehatan gigi. Ternyata tak hanya bisa membuat gigi putih tetapi juga bisa menghilangkan karang gigi. Jika anda secara teratur mengkonsumsi buah-buahan kaya vitamin C, seperti apel, jambu biji, jeruk, strawberry, dsb, anda akan memilliki gigi yang sehat.

3.Rajin Berkumur Setelah Makan
Berkumur merupakan cara paling ampuh untuk mengikis karang gigi dan menghalau sisa makanan penyebab karang gigi. Akan sangat membantu jika mengkonsumsi obat kumur dimana sudah terdapat zat aktif penghilang karang gigi sehingga karang gigi akan lebih cepat hilang.

4.Mengunyah Buah dan Sayuran
Anda bisa membiasakan mengunyah buah apel, melon, wortel dan seledri. Mengunyah buah atau sayuran tersebut satu jam setelah makan dapat membersihkan gigi secara alami. Tidak hanya menghilangkan sisa makanan, tetapi juga karang gigi dan memperkuat gusi.

5.Tomat dan Strawberry
Anda bisa mengoleskan tomat atau srawberry pada gigi. Biarkan selama 5 menit. Bilas mulut dengan campuran air hangat dan baking soda. Ini membantu untuk menghilangkan karang gigi dan membunuh bakteri dalam mulut.

6.Mengunyah Biji Wijen:
Cara menghilangkan karang gigi alami dan sederhana adalah mengunyah biji wijen. Perlahan kunyahlah segenggam biji wijen selama 4-5 menit, tapi jangan menelan dan memakannya. Lalu sikat gigi anda menggunakan biji wijen yang anda kunyah tersebut. Biji wijen bertindak sebagai scrub alami membersihkan, memoles gigi dan membantu menghilangkan karang gigi.

7.Minum Air Putih.
Minumlah air yang secukupnya setelah setiap makan untuk mencuci keluar sisa makanan di mulut. Selain air putih, hindari rokok. Tembakau dapat mengakibatkan terkumpulnya karang gigi di bawah garis gusi.

Itulah tips dari kita bagaimana terbentuknya karang gigi dan bagaimana mengatasinya,semoga bermanfaat dan semoga berguna untuka anda semuanya.